LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI
PREVENTIVE MAINTENANCE 8000 OPERATING HOURS PADA GTCP
TAURUS 70
DI PT. TRANSPORTASI GAS INDONESIA
( PT. TGI ) – RO1 JAMBI
GAS BOOSTER STATION JABUNG
Disusun Oleh :
DEBI RIWAYANTO
0907021606
PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN DIII
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS RIAU
2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas rahmat dan hidayah-Nya yang telah memberikan kesehatan jasmani maupun rohani kepada praktikan untuk menyelesaikan laporan Pelaksanaan Praktek Industri ( PI ) di PT. TRANSPORTASI GAS INDONESIA ( PT. TGI ) Ro1 Jambi yang telah dilaksanakan PI di Jabung Gas Booster Station bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang teknik mesin untuk mencapai mahasiswa yang mampu bersaing di dunia usaha maupun kerja.
Praktikan mengucapkan banyak terima kasih kepada :
Kepada BapaK Efi Afrizal, ST., MT. Sebagai Ketua Jurusan Teknik Mesin DIII Universitas Riau, yang telah memberi pengarahan sebelum dan sesudah melaksanakan Praktek Industri di PT. Transportasi Gas Indonesia.
Kepada Bapak Yohanes, ST., MT. Sebagai Dosen Pembimbing Teknik Mesin DIII Universitas Riau, yang telah memberi pengarahan dan bimbingan kepada penulis untuk menyelesaikan lapoaran Praktek Industri.
Kepada Bapak Hendarto. P. Sebagai Derektur Utama PT. TGI RO 1 Jambi, yang telah menerima dan memberi pengarahan untuk melaksanakan Praktek Industri di Station Gas Booster Jabung.
Kepada Bapak Meizol Thabran. Sebagai Supervisor Compresor Jabung Station, yang telah memberi pengarahan kepada praktikan sebelum dan sesudah terjun kelapangan
Kepada Bapak David Candra. Sebagai Pembimbing Lapangan Jabung Gas Booster Station, yang telah memberi pengarahan pada saat di lapangan dan membantu praktikan dalam pencarian data kuliah dan ilmu pengetahuan yang tidak di dapat selama kuliah.
Kepada Para Teknisi dan Operator Jabung Station, yang telah membantu praktikan pada saat Praktik Industri di PT. TGI.
Kepada Karyawan/Karyawati PT. TGI, yang telah membantu praktikan dalam menyelesaikan laporan Praktek Industri.
Praktikan berharap kepada pembaca untuk keritik dan sarannya demi kesempurnaan laporan PI untuk kedepannya. Dan semoga laporan PI ini dapat bermanfaat bagi generasi mendatang
Pekanbaru, 28 Juli 2011
Debi Riwayanto
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................... ........ i
KATA PENGANTAR................................................................................... ........ ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. ....... iv
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... ....... vi
DAFTAR TABEL.......................................................................................... ...... viii
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang............................................................................... ........ 1
1.2 Tujuan Kerja Praktek.............................................................................. 2
1.3 Manfaat Kerja Praktek............................................................................ 3
1.4 Metode Praktek Industri ........................................................................ 3
1.5 Rumusan Masalah........................................................................... ........ 4
1.6 Batasan Masalah............................................................................. ........ 4
1.7 Sistematika Penulisan.............................................................................. 5
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Gas Turbine Compressor Package Taurus 70............. ........ 6
2.2 Komponen Gas Turbin.................................................................. ........ 7
2.3 Gas Copressor...................................................................................... 18
2.4 Prinsip Kerja Gas Turbine.................................................................... 29
2.5 Proses Ekspansi.................................................................................... 32
2.6 Maintenance Gas Turbine Compressor Package Taurus 70................ 35
BAB IIIPREVENTIVE MAINTENANCE 8000 OPERATING HOURS PADA GTCP TAURUS 70
3.1 Prosedur Umum................................................................................. 38
3.2 Prosedur Perawatan Pada Gas Turbine Kompresor Paket......... ....... 40
3.2.1 Perawatan Pada Lube Oil System.................................... ....... 40
3.2.2 Perawatan Air System............................................................. 43
3.2.3 Perawatan Dry Gas Seal System............................................ 43
3.2.4 Perawatan Gas Fuel System........................................... ....... 44
3.2.5 Perawatan Perawatan Busi ............................................ ....... 47
3.2.6 Mencuci Pada gas turbine.............................................. ....... 48
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan.................................................................................. ....... 49
4.2 Saran............................................................................................ ....... 49
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR GABAR
Gambar 2.1 Komponen gas turbine compressor package taurus 70....................... 7
Gambar 2.2 Air inlet section............................................................................ ....... 10
Gambar 2.3 Inlet guide vane................................................................................... 11
Gambar 2.4 Compressor section............................................................................. 13
Gambar 2.5 Combustion section............................................................................ 14
Gambar 2.6 First-stage nozzle & combustor liner thermal.................................... 16
Gambar 2.7 Exhaust section................................................................................... 17
Gambar 2.8 Compressor C404-2............................................................................ 17
Gambar 2.9 Cross section of a solar gas compressor............................................. 19
Gambar 2.10 Impeller............................................................................................. 20
Gambar 2.11 Lube oil system.................................................................................. 23
Gambar 2.12 Oil pompa........................................................................................ 25
Gambar 2. 13 Compressor seal system......................................................... ....... 26
Gambar 2.14 Dry gas seal system........................................................................... 27
Gambar 2. 15 Buffer air system.............................................................................. 27
Gambar 2.16 Interconnect drive ........................................................................... 28
Gambar 2.17 Siklus brayton.................................................................................. 29
Gambar 2.18Prinsip kerja gasturbine..................................................................... 32
Gambar 2.19 Aliran gas panas................................................................................ 33
Gambar 2.20 Starting.............................................................................................. 33
Gambar 2.21 Accessories gear............................................................................... 35
Gamabr 2.22 Gas turbine compressor package..................................................... 36
Gambar 3.1 Lube oil system.................................................................................... 40
Gambar 3.2 Lube oil filter filter .............................................................................. 41
Gambar 3.3 Post lube oil system common parts.................................................... 41
Gambar 3.4 Filter oil............................................................................................. 42
Gambar 3.5 Air inlet filter....................................................................................... 43
Gambar 3.6Dry gas seal system............................................................................ 44
Gambar 3.7 Filter dry gas seal system................................................................... 44
Gambar 3.7 Fuel nozzles........................................................................................ 45
Gambar 3.9 Gas fuel manifold .............................................................................. 45
Gambar 3.10 Fuel gas filter .................................................................................. 46
Gambar 3.11Gas fuel system................................................................................. 47
Gambar 3.12Busi (no.16 )..................................................................................... 47
Gambar 3.13 Mencuci gas turbine......................................................................... 48
Gambar 3.14 Chemical cleaning........................................................................... 48
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Gas Turbine Specifications Taurus 70...................................................... 8
Tabel 2.2 Air Inlet System Specifications................................................................. 10
Tabel 2.3 Exhaust System Specifications................................................................. 18
Tabel 2.4 Typical Solar Gas Compressor............................................................... 19
Tabel 2.5 Vicosity oil.............................................................................................. 21
Tabel 2.6 Lubrication System Specsifications......................................................... 23
Tabel 2.7 Driven Equipment and Associated Equipment Specifications................. 28
Tabel 2.8 ISO/ Spesifikasi Taurus 70....................................................................... 32
Tabel 3.1Maintenance - Semiannual dan Annual................................................... 38
Tabel 3.2Maintenance – Semiannual..................................................................... 39
Tabel 3.3Maintenance – Annual............................................................................. 39
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam rangka menciptakan mahasiswa yang berkualitas dan handal di dunia usaha maupun kerja maka di ciptakan perguruan tinggi swasta / negeri untuk memenuhi SDM ( Sumber Daya Manusia ). Pada zaman sekarang ini alat – alat modern seperti yang ada pada PT. Transportasi Gas Indonesia Regional Office 1 Jambi, di Station Jabung Compressor yaitu pada gas turbine compressor package Taurus 70 yang di gunakan untuk penggerak compressor. Turbine Gassangatlah penting bagi perusahaan di gunakan untuk transportasi gas dari Gersik ke singapur dan batam. Sebagai Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Riau harus mengetahui cara kerja dan maintenace gas turbine, maka dari itu penulis berkeinginan menambah ilmu dan wawasan mengenai Turbine Gas di PT. TGI.
Dari perkembangan itu Universitas Riau melaksanakan rutinitas pembekalan kepada mahasiswa untuk dapat menumbuhkan minat dan bakat yang di miliki selama di bangku kuliah, seperti halnya pelaksanaan Praktek Industri ini mempunyai Visi dan Misi tersendiri yaitu :
Visi:
Mahasiswa dapat menambah wawasan ilmu pendidikan tentang pembelajaran baik di lapangan maupun di perguruan tinggi yang bermanfaat di dunia usaha / kerja khususnya di bidang teknik.
Misi:
Menyelenggarakan pendidikan yang profesional di bidang teknik mesin terutama di teori dan praktek.
Pelaksanaan Praktek Industri membuat penulis menjadi terbuka wawasan tentang ilmu teknik mesin, penulis melaksanakan Praktek Industri di PT. TGI- Ro1 Jambi dengan judul Preventive Maintenance 8000 Operating Hours Pada Gas Turbine Compressor PackageTaurus 70, dengan landasan materi taurus 70 sebagai gas turbine dan C404-2 sebagai gas compressor. Bagian ini berperan sangat penting, penulis tidak banyak mendapat kesulitan, karena di bantu dengan modul-modul di perpustakan perusahaan dan teknisi - teknisi dilapangan.
1.2 Tujuan Praktek Industri
Praktek industri bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan praktek yang berbobot 2 SKS yang dilaksanakan di lapangan untuk meningkatkan keterampilan dalam mengenai masalah yang terjadi di lapangan antara teori dan praktek yang sesungguhnya, dan sebagai ajang pembelajaran, pelatihan sesuai di bidang teknik mesin. Adapun tujuan dari Praktek Industri ini adalah sebagai berikut :
1. Ingin mengetahui cara kerja turbine gas
2. Menambah ilmu pengetahuan mengenai Gas Turbine Compressor Package Taurus 70.
3. Inginan mengetahui maintenance Gas Turbine Compressor Package Taurus 70.
1.3 Manfaat Praktek Industri
Adapun maanfaat Praktek Industribagi penulis adalah sebagai berikut :
1. Dapat mengetahui prinsip kerja mesin gas turbine, sebagai penggerak compressor
2. Dapat mengetahui alat penunjang turbine gas
3. Dapat mengetahui cara perawatan pada gas turbine compressor package taurus 70.
1.4 Metode Praktek Industri
Metode praktek industri yang di ambil untuk melengkapi pendataan laporan praktek industri dapat di lihat sebagai berikut :
1). Metode pengumpulan data
a. Melakukan pengamatan pada gas turbine compressor package taurus 70
b. Melakukan wawancara kepada teknisi station jabung compressor tentang gas turbine compressor package
c. Mengetahui perawatan pada gas turbine compressor package
2). Metode penulisan laporan
Metode penulisan laporan praktek industri ini sesuai data yang di ambil pada saat praktek di lapangan dan kemudian di analisis sesuai format.
1.4 Rumusan Masalah
Dalam hal ini PT. Transportasi Gas Indonesia mengalirakangas alam dengan system pipanisasi ke perusahaan-perusahaan seperti perusahaan Batam dan Singapura. Sehubungan dengan itu PT. Transportasi Gas Indonesia tidak lepas dari empat bagian di antaranya yaitu :
1. Jalur Pipa ( Pipeline )
2. Kompresor ( compressor )
3. Fasilitas ( facilities )
4. Operation support
Station Compressordi Jabung ada dua bagian yang penting pengoperasianya, yaitu : Gas Compressor Proces sebagai alat utama dan Balance Of Plant, sebagai alat penunjang. area kerja Compressorterletak pada Gas Booster Station. di PT. Transportasi Gas Indonesia Regional Office 1 Jambi berjumlah tiga stationyaitu :
1. StationSakernan
2. StationBelilas
3. StationJabung
1.5 Batasan Masalah
Dalam hal ini penulis akan membahas khusus tentang Turbine Gas, di mana bagian seperti Gas Turbine Compressor Package(GTCP). yaitu pada adalah perawatan pada turbine gas,yaitu dengan judul Praktek Industri ( PI ) adalah Preventive Maintenance 8000 Operating Hours pada GTCP Taurus 70 khususnya untuk mechanical part.
1.6 Sistematika Penulisan
Adapun penulisan laporan Praktek Industri mengikuti panduan yang di berikan oleh Universitas Riau adalah sebagai berikut :
BAB I. PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang Latar Belakang, Tujuan Praktek Industri, Manfaat Praktek Industri, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, dan Sistematika Penulisan.
BAB II. GAS TURBINE COMPRESSOR PACKAGE ( GTCP ) TAURUS 70
Bab ini memebahas tentang definisi GTCP Taurus 70
BAB III PREVENTIVE MAINTENANCE 8000 OPERATING HOURS PADA GTCP TAURUS 70
Bab ini menjelaskan tentan prosedur perawatan pada turbin pada operasi 8000 jam.
BAB V PENUTUP
Bab ini membahas tentang kesimpulan dan saran selama Praktek Indutri dilaksanakan di PT. TGI.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Gas Turbine Compressor Package Taurus 70
Gas turbine adalah suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Di dalam gas turbine energi kinetik di konversikan menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbine sehingga menghasilkan daya. Sistem gas turbineyang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu :
1. Kompresor
2. Ruang bakar dan
3. Gas turbine.
Udara masuk kedalam kompresor melalui saluran masuk udara (air inlet). Kompresor berfungsi untuk menghisap dan menaikkan tekanan udara tersebut, sehingga temperatur udara juga meningkat. Kemudian udara bertekanan ini masuk kedalam ruang bakar. Di dalam ruang bakar dilakukan proses pembakaran dengan cara mencampurkan udara bertekanan dan bahan bakar. Proses pembakaran tersebut berlangsung dalam keadaan tekanan konstan sehingga dapat di katakan ruang bakar hanya untuk menaikkan temperatur. Gas hasil pembakaran tersebut di alirkan ke turbin gas melalui suatu nozel yang berfungsi untuk mengarahkan aliran tersebut ke sudu-sudu turbine. Daya yang di hasilkan oleh gas turbine tersebut di gunakan untuk memutar kompresornya sendiri. Setelah melewati turbin ini gas tersebut akan dibuang keluar melalui saluran buang (exhaust).
2.2 Komponen Gas Turbine
Gas turbine tersusun atas komponen-komponen utama seperti :
a. Air inlet section
b. Compressor section
c. Combustion section
d. Turbine section, dan
e. Exhaust section.
Sedangkan komponen pendukung gas turbin adalah
a. Starting equipment
b. Lube-oil system
c. Cooling system, dan beberapa komponen pendukung lainnya seperti pada Gambar 2.1.
Gambar 2.1 Komponen gas turbine compressor package taurus 70
Sepesifikasi pada gas turbine taurus 70 dapat dilihat pada Tabel 2.1.
Tabel 2.1 Gas Turbine Specifications Taurus 70
Manual book solar turbines taurus 70
Tabel 2.1 Gas Turbine Specifications Taurus 70 ( sambungan )
Manual book solar turbines taurus 70
Berikut ini penjelasan tentang komponen utama pada gas turbine taurus 70 adalah sebagai berikut:
2.2.1 Air Inlet Section
Berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu yang terbawa dalam udara sebelum masuk ke axial kompresor turbin.
Gambar 2.2 Air inlet section
Bagian gas turbine compressor package Taurus 70 terdiri dari:
a) Air Inlet Housing, merupakan tempat udara masuk dimana didalamnya terdapat peralatan pembersih udara.
b) Inertia Separator, berfungsi untuk membersihkan debu-debu atau partikel yang terbawa bersama udara masuk.
c) Pre-Filter, merupakan penyaringan udara awal yang dipasang pada inlet house.
d) Main Filter, merupakan penyaring utama yang terdapat pada bagian dalam inlet house, udara yang telah melewati penyaring ini masuk ke dalam kompresor aksial.
e) Inlet Bellmouth, berfungsi untuk membagi udara agar merata pada saat memasuki ruang kompresor.
f) Inlet Guide Vane, merupakan blade yang berfungsi sebagai pengatur jumlah udara yang masuk agar sesuai dengan yang diperlukan
Gambar 2.3 Inlet guide vane
Pada air inlet system terdapat sepesifikasi dari turbine taurus 70 yaitu dapat dilihat pada Tabel 2.2.
Tabel 2.2 Air Inlet System Specifications
Manual book solar turbines taurus 70
Tabel 2.2 Air Inlet System Specifications ( sambungan )
Manual book solar turbines taurus 70
2.2.2 Compressor Section
Komponen utama pada bagian ini adalah axial flow compressor, berfungsi untuk mengkompresikan udara yang berasal dari inlet air section hingga bertekanan tinggi sehingga pada saat terjadi pembakaran dapat menghasilkan gas panas berkecepatan tinggi yang dapat menimbulkan daya output turbine yang besar.
Gambar 2.4 Compressor section
2.2.3 Compressor Stator
Merupakan bagian dari casing gas turbin yaitu Inlet Casing, yang mengarahkan udara masuk ke inlet bellmouth dan selanjutnya masuk ke inlet guide vane.
2.2.4 Combustion Section
Pada bagian ini terjadi proses pembakaran antara bahan bakar dengan fluida kerja yang berupa udara bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi. Hasil pembakaran ini berupa energi panas yang di ubah menjadi energi kinetik dengan mengarahkan udara panas tersebut ke transition pieces yang juga berfungsi sebagai nozzle.
Fungsi dari keseluruhan sistem adalah untuk mensuplai energi panas ke siklus turbin. Sistem pembakaran ini terdiri dari komponen-komponen berikut yang jumlahnya bervariasi tergantung besar frame dan penggunaan turbin gas.
Gambar 2.5 Combustion section
Komponen-komponen tersebut di antaranya adalah :
a) Combustion Chamber, berfungsi sebagai tempat terjadinya pencampuran antara udara yang telah di kompresi dengan bahan bakar yang masuk.
b) Combustion Liners, terdapat di dalam combustion chamber yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya pembakaran.
c) Fuel Nozzle, berfungsi sebagai tempat masuknya bahan bakar ke dalam combustion liner.
d) Ignitors (Spark Plug), berfungsi untuk memercikkan bunga api ke dalam combustion chamber sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat terbakar.
e) Transition Fieces, berfungsi untuk mengarahkan dan membentuk aliran gas panas agar sesuai dengan ukuran nozzledan sudu-sudu turbin gas.
f) Cross Fire Tubes, berfungsi untuk meratakan nyala api pada semua combustion chamber.
2.2.5 Turbine Section
Turbin section merupakan tempat terjadinya konversi energi kinetik menjadi energi mekanik yang di gunakan sebagai penggerak compresor aksial dan perlengkapan lainnya. Dari daya total yang di hasilkan kira-kira 60 % di gunakan untuk memutar kompresornya sendiri, dan sisanya digunakan untuk kerja yang di butuhkan.
Komponen-komponen pada turbin section adalah sebagai berikut :
a) Turbin Rotor Case
b) First Stage Nozzle, yang berfungsi untuk mengarahkan gas panas ke first stage turbine wheel.
c) First Stage Turbine Wheel, berfungsi untuk mengkonversikan energi kinetik dari aliran udara yang berkecepatan tinggi menjadi energi mekanik berupa putaran rotor.
d) Second Stage Nozzle dan Diafragma, berfungsi untuk mengatur aliran gas panas ke second stage turbine wheel, sedangkan diafragma berfungsi untuk memisahkan kedua turbin wheel.
Gambar 2.6 First-stage nozzle & combustor liner thermal
e) Second Stage Turbine, berfungsi untuk memanfaatkan energi kinetik yang masih cukup besar dari first stage turbine untuk menghasilkan kecepatan putar rotor yang lebih besar.
2.2.6 Exhaust Section
Exhaust section (pada gambar 2.7) adalah bagian akhir gas turbineyang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas panas sisa yang keluar dari turbin gas. Exhaust section terdiri dari beberapa bagian yaitu :
(1) Exhaust Frame Assembly
(2) Exhaust gas keluar dari turbin gas melalui exhaust diffuser
Pada exhaust frame assembly, lalu mengalir ke exhaust plenum dan kemudian di difusikan dan dibuang ke atmosfir melalui exhaust stack, sebelum di buang ke atmosfir gas panas sisa tersebut diukur dengan exhaust thermocouple dimana hasil pengukuran ini di gunakan juga untuk data pengontrolan temperatur dan proteksi temperatur trip. Pada exhaust area terdapat 18 buah termokopel yaitu, 12 buah untuk temperatur kontrol dan 6 buah untuk temperatur trip.
Gambar 2.7 Exhaust section
Tabel 2.3 Exhaust System Specifications
Manual book solar turbines taurus 70
2.3 Gas Compressor
Fungsi gas dari sebuah kompresor adalah untuk menaikan tekanan dari gas suatu kebutuhan / keperluan. Pada setiap proses kompresi, tekanan suatu gas di naikkan dari sutu level ke level yang lain dengan menambahkan energi gas yang sedang diproses. Kompresor sentrifugal memberikan suatu inertial force pada gas. Inertian force tersebut di pindahkan oleh impeler ( kumpulan suhu dalam sebuah roda berputar ) di mana gerakan dynamik centrifugalmemberikan energi melalui akselerasi dari gas.
Gambar 2.8 Compressor C404
Gambar 2.9 Cross section of a solar gas compressor
Tabel 2.4 Typical Solar Gas Compressor
Manual book solar turbines taurus 70
Kompresor gas yang di lakukan dengan cara melemparkan gas dari bagian tengah impeller keluar prinsip gaya sentrifugal. Ada dua komponen yang bergerak didalam impeller, yaitu : impeller yang berputar dengan kecepatan tinggi dan impellerbergerak sepanjang lorong impeller.
2.3.1 Impellers
Gambar 2.10 Impellers
2.3.2 Lube Oil System
Lube oil system berfungsi untuk melakukan pelumasan secara kontinu pada setiap komponen sistem turbin gas. Lube oil di sirkulasikan pada bagian-bagian utama turbin gas dan trush bearing juga untuk accessories gear dan yang lainnya. Lube oil system terdiri dari:
a) Oil Tank (Lube Oil Reservoir)
b) Oil Quantity
c) Pompa
d) Filter System
e) Valving System
f) Piping System
g) Instrumen untuk oil
Pada gas turbine sendiri menggunakan oli dengan kulalitas oli berlabel ISO VG 32 yang memiliki vikositasyang baik dan tahan lama dan dapat dilihat pada Tabel 2.5.
Tabel 2.5 Viscosity Oil
ISO viscosity class | average viscosity at 40 °C mm²/s | limit of viscosity at 40 °C mm²/s | |
min. | max. | ||
ISO VG 2 | 2.2 | 1.98 | 2.42 |
ISO VG 3 | 3.2 | 2.88 | 3.52 |
ISO VG 5 | 4.6 | 4.14 | 5.06 |
ISO VG 7 | 6.8 | 6.12 | 7.48 |
ISO VG 10 | 10 | 9 | 11 |
ISO VG 15 | 15 | 13.5 | 16.5 |
ISO VG 22 | 22 | 19.8 | 24.2 |
ISO VG 32 | 32 | 28.8 | 35.2 |
ISO VG 46 | 46 | 41.4 | 50.6 |
ISO VG 68 | 68 | 61.2 | 74.8 |
ISO VG 100 | 100 | 90 | 110 |
ISO VG 150 | 150 | 135 | 165 |
ISO VG 220 | 220 | 198 | 242 |
ISO VG 320 | 320 | 288 | 352 |
ISO VG 460 | 460 | 414 | 506 |
ISO VG 680 | 612 | 612 | 748 |
ISO VG 1000 | 1000 | 900 | 1100 |
ISO VG 1500 | 1500 | 1350 | 1650 |
Solar turbines taurus 70
Gambar 2.11 Lube oil system
Pada gas turbine compressor package taurus 70 mempunyai sepesifikasi tersendiri pada lube oil system, yang dapat dilihat pada Tabel 2.6.
Tabel 2.6 Lubrication System Specsifications
Manual book solar turbines taurus 70
Tabel 2.6 Lubrication System Specsifications (sambungan )
Manual book solar turbines taurus 70
Pada gas turbineterdapat tiga buah pompa yang di gunakan untuk mensuplai lube oil guna keperluan lubrikasi, yaitu:
a) Main Lube Oil Pump, merupakan pompa utama yang digerakkan oleh HP shaft pada gear box yang mengatur tekanan discharge lube oil.
b) Auxilary Lube Oil Pump ( pompa AC ), merupakan pompa lube oil yang digerakkan oleh tenaga listrik, beroperasi apabila tekanan dari main pump turun.
c) Emergency Lube Oil Pump ( pompa DC ), merupakan pompa yang beroperasi jika kedua pompa diatas tidak mampu menyediakan lube oil.
Gambar 2.12 Oil pump
2.3.3 Cooling System
Sistem pendingin yang di gunakan pada gas turbine adalah air dan udara. Udara di pakai untuk mendinginkan berbagai komponen pada section dan bearing. Komponen-komponen utama dari cooling system adalah:
a) Off base Water Cooling Unit
b) Lube Oil Cooler
c) Main Cooling Water Pump
d) Temperatur Regulation Valve
e) Auxilary Water Pump
f) Low Cooling Water Pressure Swich
2.3.4 Compressor Seal System
Pada kompresor ini mempunyai sistem seal yang proses kerjanya tidak mengunakan oli melainkan udara yang di keringan melalui driver air compressor, fungsinya sistem ini untuk melumasi bantalan dan meberi tahanan pada oli supaya tidak bocor.
Gambar 2. 13 Compressor seal system
2.3.5 Dry Gas Seal System
Dry gas seal system berfungai untuk mencegah proses gas masuk kedalam lube oil system. Pada dry gas seal system terdapat sebuah komponen yaitu rotating seat dan stationary ring.
Gambar 2.14 Dry gas seal system
2.3.6 Buffer air System
Buffer air System berfungsi untuk mencegah lube oil masuk ke dalam proses gas. Di mana udara harus tetap setabil, kering dan bersih, ini harus terjaga untuk menghindari terjadinya kerusakan pada buffer air sistem.
Gambar 2. 15 Buffer air system
2.3.7 Shaft Coupling
Poros penghubung antara turbine dan kompresor adalah koplingKop-Flex kering. Data gas turbine compressor package taurus 70 dapat dilihat pada Gambar 2.16.
Gambar 2.16 Interconnect drive
Tabel 2.7 Driven Equipment and Associated Equipment Specifications
Manual book solar turbines taurus 70
2.4 Prinsip Kerja Gas Turbine
Prinsip kerja gas turbine adalah proses termodinamika ideal untuk turbin gas, sehingga saat pada gas turbine dapat di lihat pada siklus ini yang sangat populer digunakan oleh pembuat mesin turbine atau manufacturer dalam analisa untuk performance upgrading. Siklus Brayton ini terdiri dari proses kompresi isentropik yang diakhiri dengan proses pelepasan panas pada tekanan konstan. Pada siklus Bryton tiap-tiap keadaan proses dapat dianalisa secara berikut:
Gambar 2.17Siklus brayton
Siklus brayton terdiri dari empat proses yaitu :
a) 1-2, kompresi P ↑ V ↓ T ↑ : udara ATM di kompresi
b) 2-3, combustion P=C V ↑ T ↑: bahan bakar dicampurkan kedalam udara yang telah dikompresi dan dibakar
c) 3-4, expansion P ↓ V ↑ T ↓ : udara dan gas hasil pembakaran mengembang dan dialirkan ke nozle turbin
d) 4-1, exhaust P=C V ↓ T ↓: gas hasil pembakaran setelah melewati turbin dikeluarkan ke udara bebas.
Secara umum proses yang terjadi pada suatu sistem turbin gas adalah sebagai berikut:
a) Pemampatan (compression) udara di hisap dan dimampatkan
b) Pembakaran (combustion) bahan bakar dicampurkan ke dalam ruang bakar dengan udara kemudian di bakar.
c) Pemuaian (expansion) gas hasil pembakaran memuai dan mengalir ke luar melalui nozel (nozzle).
d) Pembuangan gas (exhaust) gas hasil pembakaran dikeluarkan lewat saluran pembuangan.
e) Pada kenyataannya, tidak ada proses yang selalu ideal, tetap terjadi kerugiankerugian yang dapat menyebabkan turunnya daya yang dihasilkan oleh turbin gas dan berakibat pada menurunnya performa turbin gas itu sendiri. Kerugian-kerugian tersebut dapat terjadi pada ketiga komponen sistem turbin gas.
Sebab-sebab terjadinya kerugian antara lain:
a) Adanya gesekan fluida yang menyebabkan terjadinya kerugian tekanan (pressure losses) di ruang bakar.
b) Adanya kerja yang berlebih waktu proses kompresi yang menyebabkan terjadinya gesekan antara bantalan turbin dengan angin.
c) Berubahnya nilai Cp dari fluida kerja akibat terjadinya perubahan temperatur dan perubahan komposisi kimia dari fluida kerja.
d) Adanya mechanical loss, dsb.
Pada proses thermodhinamika berlangsung secara terus menerus ke sinabungan aliran udara yang dikompresikan dari kompresor dan pembakaran yang terjadi di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga gerak. Udara luar dihisap melalui filter udara, kemudian terjadi udata memasuki sela-sela sirip turbin dan berada di ruang bakar, gas yang masuk di ruang bakar terkompresi selama stat engeni di mulai terjadi percikan bunga api dan melakukan pembakaran dengan sendirinya. Percikan bunga api yang di hasil oleh torch akan mati secara otomatis ketika terjadi pembakaran berlangsung.
Pada ruang bakar akan mengakibatkan tekanan panas yang cepat dan hasil gas pembakaran akan mengembang megalir ke turbin, dimana energi panas yang mempunyai tekanan kuat diubah menjadi energi mekanik yang berupa putaran.
Gas producerdan power turbine rotorsecara mekanik terdiri satu sama lain dan tidak sama shaft antara kompresor dengan turbin.
Gambar 2.18Prinsip kerja gasturbin
Tabel 2.8 ISO/ Spesifikasi Taurus 70
Daya | hp | 10.310 |
Nilai panas | Btu / hp-jam | 7310 |
Pembuangan Arus | lb / jam | 210.830 |
Pembuangan Suhu | º F | 920 |
SoLoNOx | Ya | Ya |
2.5 Proses Ekspansi
a) Nozzel
Pengarah aliran gas panas yang akan mengenai Turbine blade.
b) Turbine Rotor
Pada saat aliran gas panas mengalir mengenai turbin blade, rotor turbine akan berputar sesuai panas yang dipancarkan.
Gambar 2.19 Aliran gas panas
Adapun beberapa komponen penunjang dalam sistem gas turbine adalah sebagai berikut:
a) Starting Equipment.
Berfungsi untuk melakukan start up sebelum turbin bekerja.
Gambar 2.20 Starting
2.5.1 Coupling dan Accessories Gear
Accessories Gear adalah suatau lemari roda gigi yang mendapat sumber gerak dari turbin dan mentransmisikan putaran turbine pada alat-alat Bantu untuk turbine, seperti : kompresor, dan lain-lain
Pasangan roda gigi di dalam accessories gear di sesuaikan dengan peralatan yang di getakan. Dalam melaksanakan penyambungan antara accessories gear dan turbin perlu di laksanakan aligment untuk mengetahui apakah antar poros pada accessories gear dengan poros dari turbin sudah mendapatkan kelurusan. Untuk mengetahui besar antara aligment ini dapat di lihat pada buku instuksi dari masing-masing unit. Apabila terjadi ketidaklutusan misalnya aligment dari poros accessories gear dan poros turbin maka hal ini akan dapat menimbulkan getaran (vibrasi) pada saat turbin beroperasi.
Keadaan gigi pada accessories gear dapat di lihat dari luar melalui lubang inspeksi. Pemeriksaan gigi pada accessories gear sebaiknya di laksanakan secara berkala,misalanya triwulan,agar bila terjadi kerusakan pada bagian accessories gear apat segera diketahui sedini mungkin untuk menghindarkan kerusakan yang lebih besar.
Ada tiga jenis coupling yang digunakan, yaitu:
· Jaw Cluth, menghubungkan starting turbine dengan accessories gear dan HP turbin rotor.
· Accessories Gear Coupling, menghubungkan accessories gear dengan HP turbin rotor.
· Load Coupling, menghubungkan LP turbin rotor dengan kompressor beban.
Gambar 2.21 Accessories gear
2.6 Maintenance Gas Turbine Compressor Package Taurus 70
Maintenanceadalah perawatan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan seperti kerusakan terlalu cepat terhadap semua peralatan di pabrik, baik yang sedang beroperasi maupun yang berfungsi sebagai suku cadang. Kerusakan yang timbul biasanya terjadi karena keausan dan ketuaan akibat pengoperasian yang terus-menerus, dan juga akibat langkah pengoperasian yang salah. Maintenance pada turbine gas selalu tergantung dari faktor-faktor perasional dengan kondisi yang berbeda di setiap wilayah, karena operasional turbine gas sangat tergantung dari kondisi daerah operasional. Semua pabrik pembuat turbine gas telah menetapkan suatu ketetapan yang aman dalam pengoperasian sehingga turbine selalu dalambatas kondisi aman dan tepat waktu untuk melakukan maintenance. Secara umum maintenancedapat dibagi dalam beberapa bagian, diantaranya adalah:
a). Preventive Maintenance. Suatu kegiatan perawatan yang direncanakan baik itu secara rutin maupun periodik, karena apabila perawatan dilakukan tepat pada waktunya akan mengurangi down time dari gas turbin.
Gambar 2.22 Gas turbine compressor package
Preventive maintenance dibagi menjadi:
(a) Running Maintenance. Suatu kegiatan perawatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk memperbaiki equipment yang rusak saja dalam satu unit. Unit produksi tetap melakukan kegiatan.
(b) Turning Around Maintenance. Perawatan terhadap peralatan yang sengaja dihentikan pengoperasiannya.
b). Repair Maintenance.
Perawatan yang dilakukan terhadap peralatan yang tidak kritis, atau disebut juga peralatan-peralatan yang tidak mengganggu jalannya operasi.
c). Predictive Maintenance
Kegiatan monitor, menguji, dan mengukur peralatan-peralatan yang beroperasi dengan menentukan perubahan yang terjadi pada bagian utama, apakah peralatan tersebut berjalan dengan normal atau tidak.
d). Corrective Maintenance
Perawatan yang dilakukan dengan memperbaiki perubahan kecil yang terjadi dalam disain, serta menambahkan komponen-komponen yang sesuai dan juga menambahkan material-material yang cocok.
e). Break Down Maintenance
Kegiatan perawatan yang dilakukan setelah terjadi kerusakan atau kelainan pada peralatan sehingga tidak dapat berfungsi seperti biasanya.
f). Modification Maintenance
Pekerjaan yang berhubungan dengan disain suatu peralatan atau unit. Modifikasi bertujuan menambah kehandalan peralatan atau menambah tingkat produksi dan kualitas pekerjaan.
g). Shut Down Maintenance
Kegiatan perawatan yang dilakukan terhadap peralatan yang sengaja dihentikan pengoperasiannya.
BAB III
PREVENTIVE MAINTENANCE 8000 OPERATING HOURS PADA GTCP TAURUS 70
3.1 Prosedur Umum
Prosedur kerja yang akan di lakukan untuk perawatan GTCP Taurus 70 di setasiun kompresor Jabung yaitu : secara (S) semiannual (4000 operating hours) dan (A) annual (8000 operating hours), dapat di lihat pada Tabel3.1, 3.2, dan 3.3.
Tabel 3.1Maintenance - Semiannual dan Annual
No | Priodic Checks | S | A |
| Maintenance Air System | | |
1 | Check and calibrate IGV (Inlet Guide Vane) activation system | X | |
2 | Inspect and replace air inlet filters as needed | X | |
3 | Disassemble, clean, inspect, and reassemble bleed valve | | X |
| Maintenance Lube Oil and Servo Oil System | | |
1 | Inspect and replace lube oil and servo oil filters as needed | X | |
2 | Lubrication oil cooler fan shaft bearings | X | |
| Maintenance Seal Oil System | | |
1 | Replace seal oil supplay filters | | X |
2 | Inspect and clean seal oil trap inlet strainers | | X |
| Maintenance Dry Gas Seal System | | |
1 | Replace buffer air coalescer ( and seal gas coalescing, if applicable) | X | |
2 | Clean and inspect dry gas seal system differential pressure regulating valves, as applicable | X | |
| Maintenance Gas Fuel System | | |
1 | Disassemble, clean, and rebuild gas valves as applicable | X | |
2 | Remove and inspect igniter torch housing for creacks, excessive erosion, inspect discharge tube for chafing wear | X | |
3 | Rebuild or replace solenoid valves and regulators including those for air assist | | X |
| Maintenance Liquid Fuel System | | |
1 | Inspect and replace filters as needed | | X |
2 | Disassemble and lubricate fuel shutoff valves ; reassemble with new O-ring | X | |
3 | Remove and inspect fuel injectors. Clean as needed | X | |
4 | Rebuild or replace solenoid valves and regurators including those for air assist | | X |
Manual book solar turbines taurus 70
Tabel 3.2Maintenance - Semiannual
No | Priodic Checks | Semiannual (4000 Operating Hours) |
1 | Check and calibrate IGV (Inlet Guide Vane) activation system | X |
2 | Inspect and replace air inlet filters as needed | X |
3 | Inspect and replace lube oil and servo oil filters as needed | X |
4 | Lubrication oil cooler fan shaft bearings | X |
5 | Replace buffer air coalescer ( and seal gas coalescing, if applicable) | X |
6 | Clean and inspect dry gas seal system differential pressure regulating valves, as applicable | X |
7 | Disassemble, clean, and rebuild gas valves as applicable | X |
8 | Remove and inspect igniter torch housing for creacks, excessive erosion, inspect discharge tube for chafing wear | X |
9 | Disassemble and lubricate fuel shutoff valves ; reassemble with new O-ring | X |
10 | Remove and inspect fuel injectors. Clean as needed | X |
Manual book solar turbines taurus 70
Tabel 3.3Maintenance - Annual
No | Priodic Checks | Annual (8000 Operating Hours) |
1 | Disassemble, clean, inspect, and reassemble bleed valve | X |
2 | Replace seal oil supplay filters | X |
3 | Inspect and clean seal oil trap inlet strainers | X |
4 | Rebuild or replace solenoid valves and regulators including those for air assist | X |
5 | Inspect and replace filters as needed | X |
6 | Rebuild or replace solenoid valves and regurators including those for air assist | X |
Manual book solar turbines taurus 70
3.2 Prosedur Perawatan (8000 Operating Hours) Pada GTCP Taurus 70
3.2.1 Perawatan Pada Filter Lube Oil System
Perawatan filter lube oil system pada GTCP taurus 70 dilakukan dengan cara menganti filter oildengan yang baru. Proses perawatan terhadap lube oil dan yang harus di lakukan adalah pengecekan kondisi oil setiap bulan yaitu dengan melihat / mengecek kondisi oli yang di gunakan untuk turbin dengan cara menguji sampel oli di laboratorium, tujuan pengujian sampel ini untuk melihat unsur yang ada pada oli, jika unsur oli mempunyai bayak partikel-partikel, turbin bisa di prekdisikan ada beberapa komponen yang mulai rusak dan perlu di lakukan penggantian komponen/sparepart.
Gambar 3.1 Lube oil system
Perawatan ini juga meliputi terhadap pengaruhnya filter oli, karena itu pada filter oli mempunya batas maksimunnya yaitu DP oli : 30 Dimana filter oli ini sudah mencapai batas limit maka dilakukan penggantian filter oli yang baru untuk menghindari terjadinya pelumasan yang tidak sempurna
Proses penggantian filter oil dengan langkah sebagai berikut :
Gambar 3.2 Lube oil filter
Gambar 3.3 Post lube oil system common parts
a. Valvepada tabung filter oil di tutup pada bagian tabung filter oil yang akan dibuka. Penutup tabung filter olidibuka menggunakan kunci ring-pas kemudian filter di ambil dan di ganti dengan yang baru
Gambar 3.4 Filter oil
b. Penututp tabung filter oil di tutup dan di kunci menggunakan kunci ring-pas kemudian valvedi buka kembali sesuai filter yang akan difungsikan.
3.3.2 Perawatan Air System
Prosess perawatan air system di lakukan untuk menghindari adanya udara kotor yang masuk dalam turbine dan air system sendiri dapat menghasilkan udara yang bersih yang digunakan untuk turbin
Gambar 3.5 Air inlet filters
3.2.3 Perawatan Dry Gas Seal System
Proses perawatan terhadap dry gas seal system untuk menghindari kebocoran/rusak pada lube oil dan gas, maka di perlukan perawatan pada filter – filter pada dry gas seal system. Dimana seal gas ini mempunyai batas tertentu yaitu untul seal gas DP (4LL/7L).
Gambar 3.6Dry gas seal system
Pengantian filter ini di lakukan untuk kelacaran proses dry gas seal system untuk menghidari kotoran masuk ke kedalam.
Gambar 3.7 Filter dry gas seal system
3.2.4 Perawatan Gas Fuel System
Perawatan fuel gas system bertujuan untuk mempertahankan kelancaran proses injeksi pada gas turbine, proses perawatan pada fuel gas meliputi seperti
a. Nozzles,
Nozzlespada turbine berfungsi untuk memberikan gaya injeksi ke bleed turbine, proses perawatan nozzles yaitu : nozzlesdi bersihkan dari kotoran terak hasil pembakaran dengan menggunakan cleaning carbon. Nozzles sebelum di pasang O-ring diganti dengan yang baru.
Gambar 3.8 Fuel nozzles
Pada gas fuel manifold di lakukan pembuangan kotoran berupa terak hasil gas yang mengalir ke nozzles.
Gambar 3.9 Gas fuel manifold
Fuel gas filters ini di gunakan untuk menyaring gas yang bertekanan sebelum masuk kedalam turbine.
Gambar 3.10 Fuel gas filters
Aliran gas fuel system yang melewati beberapa valve, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Gambar 3.11Gas fuel system
3.2.5 Perawatan Busi
Pada turbine taurus 70 ini mempunaya busi sebagai pengapian awal proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar, perawatan pada busi dengan cara di ganti dengan yang baru.
Gambar 3.12Busi ( no.16 )
3.2.6 Mencuci Pada gas turbine
Mencuci gas yang di lakukan untuk gas turbine adalah dengan mengunakan Gas Turbine Cleaner dan mengunakan bahan kimia yang di campur menggunakan air mineral.
Gambar 3.13 Mencuci gas turbine
Chemical cleaning adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencuci gas turbine Taurus 70 di stasiun jabung kompresor
Gambar 3.14 Chemical cleaning
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari hasil selama Praktek Industri(PI ) di PT. Transportasi Gas Indonesia ( PT. TGI ) Ro 1-Jambi tempatnya di stasiun jabung, dapat di simpulkan bahwa untuk melakukan perawatan mesin mempunyai beberapa faktor pendukung yaitu seperti :
a. Proses perawatan gas turbin secara berkala untuk menghindari mesin down time.
b. Dalam melakukan perawatan gas turbin harus sesuai prosedur.
c. Penggantian sperpactgas turbin sesuai stansdar
d. Pengerjaan dan penggantian sperpact gas turbin sesuai manual book solar turbines Taurus 70
Agar terhindar dari hal-hal yang merugikan perusahaan baik tenaga kerja manusia / mesin, maka di perlukan perawatan, keselamatan dan kesehatan, terutama pada pekerja. Hal ini dapat digolongkan Sikap ( Attitude ), Pengetahuan ( Knowledge ), dan Keterampilan ( Skill ).
5.1 Saran
Bedasarkan hasil Praktek Industri di PT. TGI RO1 Jambi station jabung compressor, penulis mempunyai beberapa saran yang ingin di sampaikan yaitu :
a. Sebelum melakukan melakukan down time pada gas turbin, dilakukan pengecekan stock sperpact untuk perawatan berkala.
b. Sebelum pelaksanaan perbaikan gas turbine, mempersiapkan alat dan sperpact yang akan di gunakan untuk mempermudah pengerjaan.
c. Membutuhkan sperpact yang cukup sesuai kebutuhan sebelum melakukan jadwal perawatan.
DAFTAR PUSTAKA
Buku, PT. TRANSPORTASI GAS INDONESIA
“Training Manual Gas Turbine Compressor’’ Jabung Station Tahun 2010
Buku, Petunjuk Lapangan “On The Job Traning” Jabung Station Tahun 2010
Buku, Petunjuk Lapangan Tentang Pengamanan Asset PT. TRANSPORTASI GAS INDONESIA, Jakarta Tahun 2005
Buku, Panduan dan Sejarah TRANGASINDO
Jakarta, 2002
Dietzel, F., Gasturbinen - kurz und bundig. 1. Auflage. Wurzburg: Vogel - Verlag. 1974.
Jorzyk, S/ Meyer, S. W : Mehr Energie sus Kohle. Energie. Grafelfing/ Munchen. 30. Jahrgang (1978). S. 338 - 341.
Pflaum, W. : Mollier - Diagramme fur Verbrennungsgase. Dusseldorf: VDI - Verlag. 1974.
Gasparovic, N. Und Mitarbeiter: Gasturbinen. 1.Auflage - Studienausgabe in 4 Tcilen. Dusseldorf : VDI - Verlag. 1967.
Ons Tenrath . H.: Gasturbinentriebwerke. 1. Auflage.Essen: Girardet - Verlag. 1968.
Bohl, W. : Technische Stromungslehre. 3 . Auflage.Wurzburg: Vagal - Verlag. 1978.
No comments:
Post a Comment